Kotak Buat Nyari-Nyari:

Wednesday, July 23, 2008

Menghitung Transfer Rate Data Pada Koneksi Internet Berdasarkan Bandwidth

Selama ini kita sering dengar pada “speed up to 512 kbps” promosi-promosi para provider layanan koneksi internet, baik koneksi broadband (telkom speedy, indosat m2, fastmedia fastnet, dll) ataupun koneksi T1 (internet berkecepatan sangat tinggi, biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar).

Namun banyak orang salah kaprah dengan kalimat promosi tersebut! Biasanya kita akan langsung beranggapan bahwa kecepatan apabila kita melakukan download atau upload ataupun browsing adalah 512 kbps. Ini salah besar boz... kata-kata 512 kbps disini bukan menunjukkan kecepatan dalam byte melainkan bit...

Lalu apa itu KB/s?? KB/s adalah satuan kecepatan transfer data yang sebenarnya! Apabila ada kalimat “transfer rate flash disk itu adalah 150 KB/s”, maka apabila kita akan memasukkan mp3 sebesar 3 MB ke FD itu, waktu yang diperlukan adalah 20 detik, karena tiap detiknya dapat ditransfer data sebesar 150 KB ke dalam FD tersebut. Inilah satuan transfer rate yang sebenarnya.

Apa bedanya? Tentu saja jauh berbeda!! BIT dengan BYTE adalah 2 satuan yan berbeda, tetapi masih ada hubungannya.

Bagaimana kita bisa mengetahui sebenarnya kecepatan transfer rate dari koneksi internet kita? Hal ini dapat dihitung dari bandwidth yang telah diketahui dengan rumus yang sangat sederhana (bahkan anak kelas 2 SD-pun bisa!). berikut rumusnya:

Kecepatan transfer rate (KB/s) = bandwidth (kbps) / 8

Simpel kan? Dari bandwith yang telah diketahui, tinggal dibagi dengan angka 8, maka ketemulah kecepatan transfernya! Misal: promo telkom speedy mengatakan bahwa bandwidth downstreamnya up to 1024 kbps (‘up to’ berarti maksimal). 1024/8 = 128, maka kita dapat melakukan download file dari internet dengan kecepatan maksimal 128 KB/s, yang artinya apabila kita ingin men-download gambar sebesar 700 KB dibutuhkan waktu sekitar 5,4 detik.

Mudah-mudahan setelah baca tulisan ini, tidak ada lagi yang bingung, “Lah kok kecepatan downloadku Cuma 120an KB/s sih? Padahal kata iklan kecepatannya bisa sampai 1024??”...

Thanks for reading! C u n wassalam...

No comments: