Kotak Buat Nyari-Nyari:

Friday, July 11, 2008

Step by Step Instalasi Linux Ubuntu

Jumpa lagi dalam tulisan saya! Kali ini saya akan berusaha menjelaskan cara instal OS linux (pakai distro ubuntu) step by step. Bagi yang baru pertama kenal dan pengen coba pakai linux, mudah-mudahan tulisan kali ini bisa sedikit membantu kamu!

Sebenarnya, tidak ada hal yang aneh-aneh yang perlu diperhatikan dalam instal ubuntu ini. Yang sudah biasa instal-instal windows pasti bakal sudah bisa juga instal OS dari linux ini tanpa harus baca tutor dari saya ini. Perbedaan yang mendasar pada instalasi OS dari linux ini hanyalah pada format file system pada partisi harddisk. windows menggunakan format FAT32 atau NTFS (dipakai salah satu saja), berbeda dengan linux yang membutuhkan 2 format file system untuk OS-nya, yaitu Ext2 atau Ext3 (untuk ruang penyimpanan dan OS) dan juga dibutuhkan 1 partisi lagi dengan format swap untuk ruang swap (virtual memory/page file pada Windows), CAMKAN: ruang swap tidak bisa digunakan untuk penyimpanan data-data. Untuk penjelasan lebih lanjut, ikuti saja saat step by step tutorial instalasi di bawah!

Selamat mengikuti dan mencoba! Baca dengan teliti dan seksama sebelum dicoba, ucapkan bismillah sebelum mengerjakannya! Hehehe...

Cover CD Linux Ubuntu 8.04 LTS (Long Time Services) Desktop Edition

Yang saya gunakan dalam instalasi:

- Laptop Compaq Presario M2000 (processor Intel Pentium M 1,7GHz, memory 512MB)

- CD Original Linux Ubuntu 8.04 LTS Desktop Edition (free kalau mau minta!)

- Keberanian dan rasa percaya diri, hehehehehe...

Pertama, masuk BIOS dulu untuk mengeset boot device priority, atur CD-ROM atau DVD-ROM sebagai boot device yang pertama. dan boot device yang kedua adalah harddisk, kemudian urutan yang ketiga dan keempat terserah! Sebelum keluar dari BIOS, masukin dulu CD ubuntu-nya ke CD-ROM, dan keluar dari BIOS dengan save settingan yang tadi kita atur.

1st boot device: CD-ROM. 2nd boot device: Harddisk

Jangan lupa masukin CD ubuntu-nya!

Kedua, tunggu sebentar selagi komputernya loading dan boot dari CD untuk instalasinya. Kemudian akan muncul pilihan bahasa untuk instalasi dan OS-nya nanti, dianjurkan PILIH BAHASA INDONESIA saja. Setelah pilih bahasa, ada menu, dan pilih saja “Install Ubuntu” untuk langsung memulai proses instalasi OS! Dan tunggu sebentar lagi, komputer akan loading.

Pilih Bahasa Indonesia

Pilih langsung “Install Ubuntu”

Sabar tunggu loading lagi

Ketiga, setelah itu akan langsung muncul tampilan menu untuk instalasi. Langkah pertama adalah untuk memilih bahasa OS dan instalasi, kalau tadi pertama-tama sudah memilih “Bahasa Indonesia”, maka langsung saja pencet button “Maju” yang ada di pojok kanan bawah! Kalau belum, dianjurkan set aja dulu ke “Bahasa Indonesia” karena kita adalah orang Indonesia yang nasionalis, baru setelah itu pencet button “Maju”!

Pilih “Bahasa Indonesia” dan langsung ke next step!

Ketiga, jendela berikutnya adalah pilihan untuk zona waktu. Karena kita tadi sudah pilih Indonesia, maka dianjurkan juga pilih zona waktu yang sesuai kota tempat kalian tinggal! Kalau kota kalian tidak terdaftar, pilih saja zona waktu yang GMT-nya sesuai dengan zona waktu kalian. GMT dari WIB (Waktu Indonesia Barat) adalah GMT+7, WITA adalah GMT+8, dan untuk WIT adalah GMT+9. Kalau sudah pencet lagi button “Maju”.

Pilih Zona Waktu. WIT di gambar dalam bahasa inggris (West Indonesian Time), jangan bingung

Keempat, jendela yang ini adalah untuk setting susunan tombol keyboard. Biarin aja setelan defaultnya karena 95% keyboard-keyboard yang beredar di pasaran dunia memang pakai model standar itu! Jadi, langsung aja pencet “Maju” lagi.

Langsung next step...

Kelima, sampai sini, kita akan memilih ruang partisi yang akan digunakan untuk OS yang akan kita install ini. Saya anjurkan 90% pilih yang “manual” saja, artinya kita saja yang akan menentukan di partisi yang mana yang akan kita install linux ubuntu ini. Karena apabila kita memilih yang lainnya, system akan otomatis memilihkan di partisi mana akan diinstal linux. Harap perhatikan dengan seksama sampai dengan langkah ini! Apabila kita salah-salah memilih partisi, maka semua data yang ada di partisi tersebut AKAN HILANG, karena akan dilakukan format ulang untuk mengganti file system yang sudah ada di partisi itu dengan file system milik linux (Ext3) yang berbeda dengan milik windows (NTFS) dan format Ext3 tidak akan bisa dibuka pada OS windows (tetapi NTFS bisa dibuka dari linux).

Pilih “Manual” saja!

Keenam, tetap konsentrasi penuh sampai langkah ini! Pada jendela ini, akan tampak partisi-partisi yang ada pada harddisk, untuk install linux kita membutuhkan 2 partisi. Partisi pertama adalah partisi utama untuk media penyimpanan dan untuk OS-nya (minimal sebesar 4GB). Partisi kedua adalah partisi untuk ruang swap (virtual memory) dengan besar minimal 256MB.

Untuk membuat partisi-partisi tersebut, tunjuk pada partisi yang tersedia dan tekan button “Sunting partisi”! apabila ukuran partisi tidak sesuai dengan yang diinginkan, kita bisa lakukan resize ukuran (dari button “Sunting Partisi”) dari partisi yang telah ada. Misal: kita hanya butuh 1GB untuk ruang swap, namun partisi yang sudah ada ukurannya besar-besar, maka sayang kan kalau kita pakai partisi dengan ukuran 20GB hanya untuk ruang swap?! Maka, kita pecah saja partisi yang 20GB tadi menjadi 2 partisi baru dengan ukuran 18GB dan 2GB, dimana yang 2GB ini yang bakal kita format untuk swap.

PERHATIAN: kalau kalian memiliki OS Windows juga sebelumnya dan masih tetap ingin digunakan, JANGAN UTAK-ATIK PARTISI NTFS YANG BERISI WINDOWS TERSEBUT! JANGAN JUGA SENTUH PARTISI YANG BERISI DOKUMEN-DOKUMEN PENTING ANDA!

Tekan Button “Sunting partisi” untuk menyiapkan 2 jenis partisi yang kita butuhkan!

Untuk membuat partisi utama, pilih “Sunitng partisi” dan ikuti seperti pada gambar di bawah ini: (ukuran bisa terserah anda!), kemudian pilih “OK”

Ukuran partisi baru............ : terserah anda, minimal 4GB

Gunakan sebagai : Sistem berkas berjurnal Ext3

Format partisi ini : centang!

Titik kait : /

Harus mirip! Kecuali ukuran partisi

Untuk membuat partisi utama, pilih “Sunitng partisi” dan ikuti seperti pada gambar di bawah ini: (ukuran bisa terserah anda!), kemudian pilih “OK”

Ukuran partisi baru............ : terserah anda, minimal 256MB

Gunakan sebagai : ruang swap

Format partisi ini : [default]

Titik kait : [default]

Harus mirip! Kecuali ukuran partisi

Sehingga kemudian akan tampak seperti ini:

Partisi dengan format ‘Ext3’ dan ‘swap’ telah disediakan

Terlihat bahwa 2 partisi utama dengan format ‘Ext3’ dan ‘swap’ yang dibutuhkan linux telah tersedia, maka proses instalasi linux dapat segera dilakukan. PASTIKAN LAGI ANDA TELAH YAKIN DENGAN PERUBAHAN2 YANG AKAN DILAKUKAN TERHADAP HARDDISK ANDA! SEKALI ANDA MENEKAN BUTTON “MAJU”, PERUBAHAN TIDAK DAPAT DIBATALKAN/DIKEMBALIKAN SEPERTI SEMULA. Apabila sudah yakin, maka tinggal tekan saja button “Maju” tsb!

Jendela berikutnya, masukkan username dan password yang akan anda gunakan untuk login nanti. Seperti biasa, tekan button “Maju” untuk melanjutkan lagi bila sudah yakin.

2 langkah terakhir berikutnya, hanya merupakan review dari setting-setting yang telah anda lakukan dari awal (mulai setting bahasa sampai persiapan partisi). Di sini anda dapat memastikan lagi bahwa anda telah melakukan setting yang benar! Jadi, anda hanya perlu menekan tombol “Maju” lagi.

Ada pula jendela untuk migrasi setting dari OS anda sebelumnya (opsional), tidak terlalu penting dan lewati saja! Maju saja terus sampai proses instalasi dimulai. Proses instalasi ini berlangsung sekitar 15-25 menit.

Setelah instalasi selesai, restart komputer dan keluarkan CD. Jangan lupa kembalikan settingan boot device priority pada BIOS, jadikan harddisk sebagai 1st boot device, dan CD-ROM sebagai 2nd boot device.

Tunggu linux booting, masukkan username dan password anda untuk login, selamat menikmati LINUX UBUNTU 8.04 LTS DESKTOP EDITION!

Desktop Ubuntu!

Dan, akhir kata, lebihnya terima kasih, kurangnya mohon maaf, wabillahhitaufik wal hidayah, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh... VIVA ACADEMIA!

No comments: